Music Digital Synthesizer

Synthesizer atau yang biasa disingkat Synth adalah seuah alat elektronik yang mampu menghasilkan berbagai suara. Robert Moog (wafat tahun 2005) adalah pelopor synthesizer dan elektronik musik. Synth dapt meniru beragai instrumen atau mengahsilkan beberapa warna nada yang baru. Synthesizer dapat diputar atau dikontrol melalui berbagai pernagkat yang berbeda termasuk keyboard.

Mungkin orang jarang mengetahui mengetahui alat yang satu ini. Mereka tau dari berbagai macam band yang mengusung alat musik ini sebagai pemanis di melodi lagu lagu mereka, itulah synthesizer.Di jaman sekarang banyak sekali band yang memakai synth sebagai pemanisnya diantaranya NIGHT TO REMEMBER, PWG dan masi banyak lainya.. Synthesizer (atau synthesizer, tepat disebut “suara” atau “musik” synthesizer, dan sering disingkat menjadi “synth”) adalah alat musik elektronik yang menggunakan satu atau lebih generator untuk membuat bentuk gelombang suara yang kemudian diolah dan dikombinasikan untuk menghasilkan musik suara bisa juga dikatakan Synthesizer itu dari kata synthesize yang artinya meniru. Jadi pada awalnya, synthesizer berusaha meniru suara alat musik lain seperti piano, organ, biola, suling, drums, dan lain-lain. Synthesizer awal biasanya muncul dalam bentuk instrumen keyboard.

Pada perkembangannya kemudian, synthesizer bukan hanya meniru suara-suara alat musik yang sudah ada, tapi juga menciptakan suara-suara baru. Secara umum, synthesizer itu dibagi jadi dua. Yang pertama, analog. Teknologi synthesizer analog lebih tua, sudah ada sejak taun 30-an, tapi baru pertama kali muncul dalam bentuk alat musik (keyboard) di akhir 60-an. Salah satu pabrikan synth analog yang sangat terkenal adalah Moog, yang sudah ada sejak akhir 60-an sampai sekarang. Synth analog masih diproduksi sampai sekarang, termasuk juga synth analog-modeling, maksudnya synth digital yang diprogram supaya mirip synth analog. Walaupun mahal, berat, dan sulit dicari, masih banyak musisi lebih suka pake synth analog karena suaranya yang tebel dan khas.
Yang kedua, digital. Ini teknologi synth yang muncul di awal tahun 80-an dan masih berkembang sampai sekarang. Bedanya dengan analog, synth digital terus memanfaatkan teknologi terbaru, lebih fleksibel untuk diprogram, dan pilihan suaranya lebih luas. Merk synthesizer digital yang terkenal? Tentu saja dipegang oleh tiga besar penguasa pasar keyboard dunia: Korg, Roland, dan Yamaha.
Synthesizer sering dikontrol dengan keyboard piano-gaya, instrumen tersebut sering disebut sebagai “keyboard”. Beberapa bentuk lain pengendali telah dirancang untuk menyerupai biola, gitar (lihat synthesizer gitar) dan instrumen angin. Synthesizer tanpa pengendali sering disebut “modul”, dan dapat dikendalikan menggunakan MIDI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *