Jam Tangan Digital vs Analog

berikut beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan:

Kemudahan Mengecek Waktu

Jenis digital, seperti halnya jam Swatch digital memang bisa dibilang lebih memudahkan Anda untuk mengecek waktu. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu memperhatikan jarum jam yang berukuran relatif kecil. Anda tinggal melihat angka yang tertera pada jam dan langsung dapat mengetahui waktu secara tepat. Akan tetapi, jam digital juga memiliki kelemahan karena bisa dibilang lebih mudah eror pada saat dikenakan.

Sedangkan untuk jam tangan analog, bisa dibilang kurang praktis dalam melihat waktu karena ada jarum dan juga barisan detik yang tertera. Akan tetapi, di sisi lain jam tangan analog dianggap lebih klasik dan cocok untuk pengguna dewasa terutama yang ingin menonjolkan kesan formal. Jam tangan analog juga terbilang lebih awet digunakan dalam waktu lama.

Kemudahan Perawatan

Jika Anda memiliki jam Swatch digital, tentu memahami jika baterainya harus diganti secara berkala. Secara umum, jam Swatch digital memang awet digunakan. Namun di sisi lain, jam tangan digital memang bisa dibilang tidak seawet jam tangan analog yang baru membutuhkan jangka waktu 8 tahun untuk mengganti baterainya. Hal ini dikarenakan jam tangan analog tidak menggunakan energi sebanyak jam tangan digital.

Jam tangan digital biasanya juga dilengkapi dengan fitur stopwatch yang tentu saja jika dipakai juga akan memakan lebih banyak energi. Di sisi lain, jam tangan digital juga seringkali dilengkapi dengan lampu sehingga membutuhkan tenaga baterai yang lebih besar. Maka dari itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan saat membeli jam tangan.

Dari Segi Penampilan

Dari segi penampilan, jam tangan digital dan analog sama-sama memiliki keunikan tersendiri. Jam tangan digital seperti jam Swatch digital bisa dibilang lebih sporty dan modern. Hal ini membuat jam tangan digital lebih banyak dipilih oleh anak muda karena memiliki pilihan model dan warna lebih beragam. Jam tangan digital juga menjadi pilihan terbaik bagi anak-anak yang baru belajar mengenal waktu.

Di sisi lain, jam tangan analog memiliki model klasik yang cocok untuk segala suasana. Hal ini membuat jam tangan analog banyak dipilih oleh pecinta tampilan elegan, karena dianggap dapat menonjolkan kesan tersebut. Namun jangan salah, saat ini juga sudah banyak jam tangan analog yang didesain lebih modern sehingga cocok pula dipakai oleh generasi muda.

Tinggal pilih, mau jam tangan analog atau digital sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *