Bingung pilih aplikasi kantor untuk perusahaan Google Suite atau Office 365?

Apakah Anda mencoba memutuskan apakah akan mendapatkan G Suite atau Office 365 untuk tim Anda? Kamu tidak sendiri. Setiap pemilik bisnis harus memilih alat produktivitas inti mereka di beberapa titik. Dan sebagian besar waktu itu adalah pertempuran yang menentukan dari G Suite vs Office 365.

Mengapa? Karena menjalankan bisnis dengan lancar membutuhkan alat yang tepat yang Anda inginkan. Dan apa alat utama yang dibutuhkan bisnis? Secara umum, semua bisnis memerlukan:

  • Penyedia email
  • Sistem pengolah kata
  • Perangkat lunak lembar kerja
  • Penyimpanan file yang murah
  • Platform kolaborasi
  • Pembuat presentasi

Cara paling fungsional dan produktif untuk menggunakan semua alat ini adalah melalui perangkat produktivitas kantor. Di situlah G Suite dan Office 365 muncul.

Dalam posting ini, kita akan membahas fitur-fitur utama dari setiap rangkaian produktivitas kantor dan melihat bagaimana mereka membantu berbagai jenis bisnis.

Ikhtisar Office 365

Office 365 adalah nama yang relatif baru untuk apa yang sebelumnya kita ketahui sebagai Microsoft Office. Program-program di Office 365 berbasis cloud tetapi juga bisa diunduh. Mereka bekerja pada PC atau Mac. Bahkan jika Microsoft Apps diinstal pada komputer, mereka tidak dapat digunakan kecuali ada rencana berlangganan yang diaktifkan.

Banyak program juga tersedia sebagai aplikasi Android dan iPhone.

Paket produktivitas Office 365 mencakup yang berikut:

  • Word
  • Power Point
  • Unggul
  • Outlook
  • Note
  • Bergoyang
  • Orang-orang
  • Calender
  • OneDrive
  • Skype
  • Tim

Ikhtisar G Suite

Suite produktivitas G Suite semuanya berbasis cloud. Itu dapat diakses dari komputer mana saja kapan saja hanya dengan masuk. Tidak ada program untuk diunduh di komputer, tetapi ada aplikasi iPhone dan Android untuk tetap melacak dokumen dan pekerjaan.

Ini adalah program yang merupakan bagian dari G Suite:

  • Documents
  • Slide
  • Seprai
  • Formulir
  • Gmail
  • Mendorong
  • Hangouts
  • Arus

Biaya – Office 365 vs G Suite

Sangat mungkin bahwa Anda sudah menggunakan alat-alat dari G Suite dan Office 365, atau miliki di masa lalu. Keduanya memiliki opsi gratis yang berfungsi dengan baik untuk individu seperti Google Documents dan Word Online. Kecuali Anda menjalankan bisnis, Anda tidak perlu melihat rencana profesional. Begitu Anda harus mengelola tim dan mengatur segala sesuatunya teratur, Anda perlu beralih ke sistem berbayar.

Mari kita lihat biaya masing-masing. Ada banyak variabel lagi, tetapi ini yang paling cocok untuk tim bisnis.

G Suite

Dasar – $ 5 per pengguna / bulan
Bisnis – $ 10 per pengguna / bulan
Enterprise – $ 29 per pengguna / bulan

Kantor 365

Esensi Bisnis – $ 6 per pengguna / bulan
Bisnis – $ 10 per pengguna / bulan
Premium Bisnis – $ 15 per pengguna / bulan Paket
Perusahaan mulai dari $ 8 per pengguna / bulan sebagai pembayaran tahunan

Email – Microsoft Outlook vs Gmail

Setiap bisnis membutuhkan penyedia email yang andal. Microsoft Outlook dan Gmail adalah layanan email yang kuat.

Hal yang baik tentang mereka berdua adalah mereka dapat dengan mudah ditautkan ke email domain melalui integrasi POP sederhana. Tapi itu semua yang mereka miliki bersama.

Memilih antara Gmail dan Outlook dalam hal desain visual benar-benar merupakan pilihan pribadi. Gmail terlihat lebih ramping sementara Outlook agak ketinggalan zaman.

Dalam hal organisasi, sistem folder di Outlook mudah digunakan tetapi terbatas. Gmail memiliki kemampuan organisasi granular. Selain itu, Gmail memiliki kemampuan untuk menggunakan pengaya dan ekstensi yang membuatnya lebih mudah untuk diatur dan disederhanakan.

Ketika sampai pada produktivitas, Gmail adalah pilihan terbaik. Tetapi jika anggota tim Anda telah menggunakan Outlook untuk sementara waktu maka Anda harus memutuskan apakah itu layak ditransisikan. Tanyakan kepada anggota tim Anda apa yang mereka pikirkan, kemungkinan mereka telah mencoba kedua sistem dan akan memiliki pendapat.

Dokumen – Microsoft Word vs Google Documents

Mari kita lihat pembuat dokumen dari kedua pesaing.

Microsoft Word telah ada sejak lama dan banyak orang telah menggunakannya sejak sekolah dasar dan tahu bagaimana cara mengatasinya. Google Docs adalah program online gratis dari Google yang telah memberi banyak orang kesempatan untuk membuat dokumen dengan mudah, tanpa harus membayar sepeser pun.

Perbedaan utama antara keduanya adalah fitur yang disediakan. Documents sederhana dan mudah tanpa banyak kembung. Word, di sisi lain, kaya fitur dan penuh alat warisan.

Namun dalam hal kolaborasi tim, Documents dulu memimpin dengan real time editing dan fitur komentar. Word sekarang telah menambahkan pengeditan langsung tetapi hanya pada versi web mereka. Jika menggunakan versi desktop, maka pengguna harus menunggu pengeditan dikirim. Bahkan jika Office 365 telah menambahkan suntingan langsung untuk aplikasi Word web, Documents tetap memimpin yang satu ini karena itu adalah default dalam program dan pengguna bersumpah.

Microsoft Word penuh fitur karena juga berfungsi sebagai pencipta PDF. Pengguna dapat membuat ebook sederhana, laporan dengan visual, brosur, atau selebaran. Itu tidak mungkin dengan Documents. Tetapi sekali lagi, ada program yang lebih baik di luar sana untuk merancang materi visual.

Spreadsheets – Microsoft Excel vs. Google Sheets

Pindah ke program angka-angka.

Microsoft Excel telah menjadi perangkat lunak masuk untuk pekerjaan spreadsheet selama bertahun-tahun dan tidak ada program lain yang menyukainya. Google Sheets seperti versi minimal Excel dan setiap pengguna Excel dapat terbiasa dengan cepat. Kedua program dapat menangani persamaan dan perhitungan sederhana, tetapi Excel lebih kuat dalam hal itu. jika perusahaan Anda mencari perangkat lunak penghitungan yang kuat yang dapat membantu membuat prediksi iklan lebih banyak, maka Excel jelas merupakan pilihan terbaik.

Excel dapat menangani sejumlah besar data, lebih baik daripada Lembar. Jika data dan angka penting bagi tim Anda, maka ini adalah faktor besar untuk pengambilan keputusan. Semua aplikasi lain di suite produktivitas tidak jauh berbeda satu sama lain, kecuali untuk kedua aplikasi ini.

Presentasi – Microsoft PowerPoint vs. Google Slides

G Suite dan Office 365 menawarkan alat untuk membuat presentasi.

Microsoft PowerPoint telah lama menjadi perangkat lunak pilihan untuk membuat presentasi dan banyak perusahaan bersumpah untuk itu. Di sisi lain, Google Slides cukup kuat dan dapat membantu pengguna membuat presentasi sebaik PowerPoint.

Karena Slide dan PowerPoint tidak jauh berbeda satu sama lain, mereka tidak banyak menjadi pesaing ketika memilih alat produktivitas untuk tim Anda. Terutama ketika ada begitu banyak program lain untuk presentasi selain dari PowerPoint dan Slide.

Penyimpanan File – OneDrive vs. Google Drive

Penyimpanan file adalah faktor besar ketika memilih rangkaian produktivitas yang tepat. Baik Microsoft OneDrive dan Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan yang besar untuk semua paket mereka, tetapi detailnya bisa rumit menurut setiap paket.

Misalnya, paket Google Drive Business memberi tim penyimpanan tanpa batas selama ada lebih dari 5 anggota tim.

Berikut ini adalah ikhtisar cepat kapasitas penyimpanan untuk setiap rangkaian produktivitas.

G Suite

Paket Dasar: 30 GB
Iklan Rencana Bisnis lebih tinggi: Tidak terbatas (1 TB untuk kurang dari 5 pengguna)

Kantor 365

Semua Paket: 1 TB
50 GB penyimpanan email

Platform Kolaborasi -Tim Microsoft dan Google Hangouts

Tim membutuhkan alat kolaborasi yang baik dan praktis. Dalam pengertian ini, setiap alat produktivitas memiliki pro dan kontra sendiri.

Tim Microsoft, misalnya, sangat mirip dengan Slack dan merupakan alat kolaborasi tim yang sangat kuat. Untuk melakukan percakapan dengan anggota tim, Skype Business hadir dengan berlangganan.

Di set aplikasi Google Apps, Google Hangouts tidak sekuat Tim Microsoft tetapi masih mudah digunakan dan dikolaborasikan dengannya. Tahun lalu ketika Google mengambil alih Google+, mereka menggantinya dengan versi perusahaan bernama Google Aktual. Orang-orang masih mencobanya tetapi tidak mirip dengan Slack.

Seperti yang kami sebutkan di atas, kemampuan pengeditan langsung untuk Documents, Spreadsheet, dan Slide sangat bagus untuk kolaborasi. Program Microsoft baru-baru ini menambahkan pengeditan langsung, yang disebut penulisan bersama, tetapi hanya melalui aplikasi web.

Suite Produktivitas Mana Yang Terbaik Untuk Tim Anda?

Memilih antara G Suite dan Office 365 untuk tim Anda benar-benar bermuara pada preferensi. Jika Anda atau tim Anda telah menggunakan produk Google maka akan lebih mudah untuk beralih ke Google Apps. Hal yang sama berlaku jika Anda telah menggunakan Outlook dan Word di paket rumah, pindah ke paket bisnis Office 365 bahkan lebih mudah.

Jika tim Anda menangani banyak data dan membutuhkan banyak kekuatan pemrosesan angka, Excell akan selalu lebih baik daripada Lembar. Dalam hal ini, Anda lebih baik dengan Office 365.

Jika Anda lebih suka kesederhanaan daripada mengasapi warisan di semua aspek suite produktivitas, maka G Suite adalah taruhan terbaik Anda. Selain itu, jika Anda memiliki lebih dari 5 anggota tim dan menghargai penyimpanan tanpa batas, G suite juga merupakan cara yang tepat.

Ketika datang ke pertempuran G Suite vs Office 365, kedua suite produktivitas dapat menjadi sempurna untuk tim Anda, tetapi itu benar-benar bermuara pada apa yang telah Anda gunakan sampai sekarang. Dan jika Anda membutuhkan Microsoft Excell untuk analisis data besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *